Jangan sampai tertipu moneygame, serta Upaya pemerintah dalam mengatasi nya

https://www.apli.or.id/Pernah ga sih kalian tertipu dengan skema berkedok Direct selling / MLM tapi ternyata sebenarnya adalah MONEYGAME ??. Dengan Iming-iming dapat uang besar hanya dengan ongkang-ongkang kaki saja, atau hanya dengan merekrut orang saja bisa dapat penghasilan yang luar biasa besarnya. Ga masuk akal? Yes. Tapi nyatanya banyak banget loh yang tertipu dengan skema seperti ini. Di tanggal 7 Desember kemarin saya berkesempatan menghadiri event APLI  (Asosiasi Penjualan langsung Indonesia ) membahas tentang bagaimana Upaya Pemerintah dalam mengatasi Maraknya  Moneygame yang semakin canggih.

Dihadiri oleh Dewan Komisaris APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) Bapak Ir. Djoko H. Komara sebagai narasumber, Menurut beliau sebagai masyarakat umum yang awam, kita harus bisa mengenal sebuah perusahaan dahulu, sebelum memutuskan untuk bergabung. Yuk Kenali ciri-ciri perusahaan tersebut, Jangan sampai tertipu oleh skema moneygame yang ternyata bukan bikin untung malah bikin buntung.  Kita harus cek dahulu apakah termasuk perusahaan Direct Selling, dimana bergantung pada penjualan produk bukan hanya pada rekrut anggota baru.

Apakah akan berpengaruh besar jika tidak merekrut orang baru? Kalau tidak masalah berarti ini bukan Money Game. Perusahaan Money Game akan membagikan semua modalnya untuk para anggota sehingga terlihatnya yang di dapat sangat besar. Sedangkan untuk perusahaan Direct Selling, bonus yang diberikan pada anggotanya adalah berasal dari margin keuntungan dari penjualan produknya. Berikut 8 poin yang dapat kita telaah : 

https://1.bp.blogspot.com/-etN3Wc3tyvs/X9AQ3q3A_DI/AAAAAAAABtA/KEnwY2J5kJEQwx-VVcXTlwVZLMBEoXmYQCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_20201207-142008_YouTube.jpg

APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) ini sudah berdiri 36 tahun. Salah satu foundernya nya adalah Bapak Koen Verheyen. Pengurus APLI yang termasuk kedalam dewan komisaris ada 5 orang yaitu Koen Verheyen(Oriflame), Kanny(NU SKIN), Ir. Djoko H. Komara, Royz Tanani dan Harry Manggala. Ina Rachman sebagai Sekjen APLI. . 

https://1.bp.blogspot.com/-E4csUFTwQqY/X9ASYSp6iZI/AAAAAAAABtg/D9aSv7ClgqUEQPMUZ8QUAYCn9q9QQK97gCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_20201208-212617_YouTube.jpg

menghadirkan Bapak Tongam L selaku Ketua Satuan Tugas  Waspada Investasi, beliau rutin mengeluarkan perusahaan yang masuk backlist karena melakukan Money Game. Bapak Ir. Djoko H. Komara selaku Dewan Komisaris APLI yang akan menjelaskan secara gamblang perbedaan Direct Selling dan Money Game serta Direct Selling abu-abu, Bapak Makmun Kasubmit KNB di tim Bareskrim POLRI, Pak Yogi Kab.Bid MLM di Bareskrim POLRI menjelaskan tentang dasar hukum yang digunakan untuk menindaklanjuti perusahaan yang melakukan Money Game dan tindakan -tindakan apa saja yang sudah dilakukan dalam penindakan perusahaan yang melakukan Money Game.

Kegiatan Money Game menurut Tongam L Tobing mudah dilihat, karena kegiatannya hanya berfokus pada kegiatan merekrut member. Jika kegiatan merekrut member berhenti maka perusahaan ini bangkrut. Mereka berpikir kalau yang awal gabung bisa untung, kenapa saya juga gak bisa. Tapi biasanya masyarakat Indonesia tidak akan melapor jika belum merasakan kerugian. Padahal dari awal masyarakat sudah paham nih. Contoh Money Game seperti koperasi Pandawa yang memberikan bunga 2% setiap harinya. Terlalu besar berarti dalam sebulan ada 60% bunganya sangat tidak masuk akal. Ciri-ciri Moneygame ini tidak ada produk barang yang diperjualbelikan, hanya perekrutan member saja. Biasanya perusahaan Money Game juga tidak memiliki ijin usaha.

https://1.bp.blogspot.com/-9JaWDK0X-qs/X9ATpDMFExI/AAAAAAAABts/i4WBVtzEims-SPEK7jEAuB7QpW8av_0rQCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_20201209-065948_YouTube.jpg

Modus lainnya adalah dengan penjualan langsung ilegal atau skema piramida. Ada skema piramida dengan berhenti merekrut, gaji turun atau habis sama sekali.

SATGAS Waspada Investasi. SATGAS bekerjasama dengan 13 instansi pemerintahan terkait sebagai mediator dalam menangani perusahaan yang melakukan praktek Money Game dan melakukan pencegahan penyebaran Money game, Skema Ponzi dan Skema Piramida dengan cara: Memantau Kegiatan Investasi Ilegal, Koordinasi dengan anggota Satgas Waspada Investigasi, Edukasi kepada pelaku industri SJK dan masyarakat Banyak investasi bodong dan money game terjadi disebabkan pengetahuan masyarakat yang rendah serta mudah tergiur oleh oknum. Sehingga perusahaan Direct selling yang benar menjadi terkena imbas.

https://1.bp.blogspot.com/-Lnw0Uxb-_ps/X9AUoUkszBI/AAAAAAAABug/0bHsTCEIuxA0Db54ABFhUUJUFWD3Nbt6gCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_20201209-070429_YouTube.jpg

Modus kejahatan Money Games adalah Bonus yang diberikan melebihi 40%, bonus diberikan jika ada perekrutan member. Jadi penjualan barangnya itu tidak ada.

Ir. Djoko H. Komara : berikut bagaimana mengenali praktek money game dan bahayanya.

https://1.bp.blogspot.com/-zE_O2k4G2NY/X9AWEJXdfQI/AAAAAAAABvI/CWWlhkgcoYcrByEbxpQh4GZnJXmzstCsQCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_20201208-222610_YouTube.jpg

Perbedaan besar Money Game dan Direct Selling pada pembagian bonusnya. 

https://1.bp.blogspot.com/-P0PUWBTJBU4/X9AXXCT-yFI/AAAAAAAABvY/v86lXcZgYLUkqgaPUv_FtPy0tOmgXWDjQCLcBGAsYHQ/s320/Screenshot_20201209-071550_YouTube.jpg

Bagaimana apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membedakan Money Game dan Direct Selling?. 

Kalau kamu menemukan hal-hal yang berhubungan dengan Money Game, maka dapat dilaporkan ke APLI yah..

 Talk Show APLI ini di sponsori oleh beberapa perusahaan Direct Selling seperti Herbalife Nutrition, JAFRA, Armina Daily,Atom Atomy, SIP, PT. Duta Elok Persada (DEP), Milagros, Synergy WorldWide, G-Pro Indonesia, NU SKIN, Amway. Perusahaan- perusahaan sponsor ini bergerak di bidang suplemen makanan, hingga kosmetik.

One Comment Add yours

  1. Dhimas says:

    Bahaya sekali ya money game apalagi pada anak2 muda yang tercuci otak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s