Bagaimana Layanan bantuan Informasi dapat membantu Pasien Isoman Covid-19

Tidak Terasa Sudah hampir 1 tahun 6 bulan lebih lamanya Pandemi Covid-19 menyambangi Indonesia, Pemerintahpun telah mengupayakan berbagai cara untuk menanggulangi nya. Terhitung Saat ini Covid-19 di Indonesia telah mencapai lebih dari 3,72 Juta kasus, dan rata-rata setiap harinya pasien Covid-19 mengalami peningkatan, sehingga Rumah Sakit yang berada di Jabodetabek – Bandung dan wilayah pulau Jawa – Bali, penuh sesak tidak bisa menampung pasien akibat melonjaknya jumlah pasien covid-19 serta tenaga NaKes yang kurang. Karena itu pihak rumah sakit menganjurkan untuk Isolasi Mandiri (IsoMan) kepada pasien tanpa gejala dan bergejala ringan.

 melalui Live Streaming youtube Berita KBR akan membahas “Pasien Isoman Covid-19 dan tantangan-nya yang akan dibawakan oleh Narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu :

1.     Dr. Jossep F. William, Kasubdit Satgas Covid-19 Nasional

2.     Dr. Alisa Nurul Muthia dari RS. PMI Bogor 

Menurut dr. Alisa Nurul Muthia, Apa saja yang harus dilakukan jika diharuskan Isoman (Isolasi Mandiri) di Rumah ?

 

Menurut dr. Alisa Nurul Muthia, berikut adalah beberapa pertimbangan :

1. Kondisi medis pasien

2. harus ada kerabat yang merawat pasien

3. Kondisi rumah ada ruangan terpisah / isolasi

4. Alat keseharian dapat terpisah

Jika tidak memungkinkan, maka akan di rujuk ke Rumah Sakit atau tempat yang disediakan oleh pemerintah untuk Isoman.

dr. Jossep F. William menjelaskan, jika merasa bergejala covid-19 jangan takut untuk melapor agar di bantu dan di pantau oleh Satgas kewilayahan, komunitas serta lembaga masyarakat. Kementerian Kesehatan telah menyediakan layanan Telemedicine secara gratis, layanan ini tersedia mulai dari wilayah Aceh hingga marauke.

Lalu ada topik yang cukup menarik bagaimana jika seseorang Ibu yang masih menyusui bayi sampai balita terkena covid??

Menurut dr. Alisa, masih memungkinkan untuk menyusui hanya saja harus selalu pakai masker, dan jika setelah selesai harus berada diruangan yang terpisah.

    

manfaatkan Telemedicine .

Pasien Covid-19 dapat melakukan tes PCR di laboratorium yang terdaftar di website Kemenkes, jika hasil tes tersebut positif maka akan dikirimkan link untuk konsultasi dengan dokter di 11 platform, kemudian setelah konsultasi, dokter akan memberikan resep untuk ditebus di Apotik Kimia Farma secara gratis. Kalian bisa kunjungi website kemenkes untuk melihat daftar 742 laboratorium yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk masyarakat Indonesia dengan tulisan ini kami menginformasikan bahwa pemerintah telah me-launching Layanan Bantuan Informasi (LBI). Layanan ini berbasis Whatsapp di nomor : 0821-2390-3617 untuk akses masyarakat ketika isolasi mandiri yang memerlukan bantuan mencari ruang rawat inap, ruang ICU ataupun ruang HC. LBI ini juga menyediakan konseling secara gratis dari psikolog bagi yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Memang sangat menyedihkan bagi kita dan orang terdekat akibat dampak Pandemi Covid 19 ini, tetapi dengan langkah yang tepat, akan meminimalisir dampaknya. Semoga di kita tetap diberikan kesehatan dan keselamatan dimasa Pandemi ini

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Sampai ketemu lain waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s